Selasa, 23 April 2013

Hak Merek


10 merek yang memiliki kesamaan nama merek/bentuk

1.      Fanta dengan Frenta
Fanta merupakan minuman bersoda berasa produksi dari coca cola company, dan dikemas dalam kemasan botol kaca dan botol plastik. Frenta adalah minuman serbuk besoda yang memiliki kesamaan dengan fanta walaupun tidak sama persis, seperti dari rasa, warna minuman, dan kemasannya. Perusahaan yang memproduksi frenta menurut saya ingin memberikan alternatif kepada konsumen  yang ingin minuman seperti  fanta tapi dengan harga murah dan bisa diseduh, walaupun secara kualitas tetap berbeda
Blackberry dengan Blueberry
Blackberry merupakan smartphone yang sangat populet di indonesia. Produsen dari cina kemudian membuat handphone dengan nama yang hampir serupa yaitu blueberry. Blueberry dipasarkan di indonesia di awal-awal begitu terkenalnya blackberry. Dilihat dari fitur, kualitas material bahan, model, dan desain, blueberry terlihat seperti umumnya ponsel cina. Saat ini penjualan blueberry sudah hampir tidak terdengar lagi seperti di awal pengenalannya, berbeda dengan blackberry yang masih konsisten menguasai pasar.



3.      Piatos dengan ciatos
Piatos dan ciatos merupakan sama-sama produk kripik kentang dalam kemasan. Piatos lebih dulu muncul dan cukup terkenal di masyarakat. Ciatos kemudian muncul dengan kemasan yang hampir sama dengan piatos. Konsumen bisa keliru jika tidak berhatri-hati melihatnya dengan seksama. Harga dari ciatos lebih murah daripada piatos, hanya saja rasa piatos lebih enak daripada ciatos.

4.      Oreo dengan rodeo
Oreo merupakan produk biskuit sandwich dengan krim putih di dalamnya. Oreo telah ada di indonesia cukup lama dan dari segi penjualan cukup menguasai pasar karena tidak ada produk yang relatif hampir sejenis/sama persis dengannya. Rodeo kemudian diproduksi  oleh khongguan untuk menyaingi oreo. Kemasan dari kedua produk ini sangat sama persis, sehingga bisa membingungkan konsumen jika tidak dilihat dengan seksama. Harga dari rodeo lebih murah daripada oreo meskipun kualitas lebih baik oreo.


5.      Puma dengan Numa
Puma merupakan produk aparel peralatan olahraga yang memproduksi berbagai peralatan olahraga seperti sepatu, baju, dan peralatan olahraga lainna. Cina memproduksi produk dengan nama yang hampir sama, yaitu numa. Dilihat dari logo dan tata letak huruf sama persis. Harap huruf depan saja yang membedakan. Jika tidak berhati-hati konsumen bisa terkecoh/tertipu.


6.      Playstation dengan poly station
Playstation merupakan konsol video game yang diproduksi oleh jepang. Playstation telah memproduksi mulai dari PS 1 sampai dengan PS 3 dan telah begitu populer ke seluruh dunia. Cina, sebagai negara yang suka meniru, membuat tandingannya yang dinamakan poly station. Playstation 1 dan poly station sangat mirip secara desain. Secara kualitas dan jumlah penjualan masih sangat jauh dibawah playstation.


7.      Adidas dengan Adidos
Adidas merupakan aparel peralatan olahraga yang berasal dari jerman. Adidas telah banyak menyeponsori banyak klub olahraga terkenal dan atlet di seluruh dunia. Produk dari jerman ini telah begitu mendunia dan begitu familiar. Cina mempunyai suatu toko yang didalamnya menjual suatu produk tiruan dari adidas, yaitu adidos. Adidos memiliki logo dan tulisan yang sama dengan adidas, begitu pula produknya dan tentu saja lebih murah. Namun sekali lagi, kualitas yang membedakan.


8.      KFC dengan KFG
KFC merupakan restoran cepat saji dengan menu ayam goreng original resep rahasia sebagai ciri khasnya. KFC berasal dari amerika, hingga sejkarang cabangnya berada di seluruh dunia, termasuk di indonesia. Cina mempunyai restoran ayam cepat saji yang mirip dengan KFC, yaitu KFG. Secara logo dan tampilan display toko sangat menyerupai KFC walaupun tidak 100%.

9.      Gillete dengan Gilhelley
Gillete merupakan produsen pisau cukur dari amerika yang telah terkenal di seluruh dunia. Cina membuat tiruannya dengan nama produk Gihelley. Secara desain kemasan dan tulisan dan juga warna kemasan serta desain produk sangat menyerupai produk Gillete. Hal yang membedakan keduanya adalah harga dan juga kualitas.

10.  Pizza Hut dengan Pizza Huh
Pizza Hut merupakan restoran pizza yang telah terkenal di seluruh dunia yang terkenal dengan berbagai produk pizza nya. Cina mempunyai restoran pizza yang hampir mirip dengan pizza hut, yaitu pizza huh. Kedua restoran ini menyajikan berbagai macam pizza, namun kualitas pizza hut tentu jauh diatas pizza huh. 



.
Sumber:
http://www.duniaproduk.com/
http://www.utama.seruu.com/
http://www.republika.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar